Merawat Sepeda Motor Matik: Panduan Perawatan yang Mudah dan Efektif

Pertumbuhan sepeda motor di Indonesia terus meningkat setiap tahun, dengan sepeda motor matik mendominasi lebih dari 90%, menurut data AISI. Kepopuleran sepeda motor matik tidak lepas dari kemudahan penggunaannya dan beragamnya varian sesuai kebutuhan konsumen. Bagi pengguna sepeda motor matik, pemahaman tentang cara merawatnya menjadi kunci untuk memperpanjang umur motor, meningkatkan keamanan, dan memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Salah satu tips perawatan utama yang harus diperhatikan oleh pengguna sepeda motor adalah penggantian oli secara rutin. Oli berfungsi sebagai pelumas yang melindungi komponen logam pada mesin yang terus bergesekan saat motor digunakan. Untuk sepeda motor matik, terdapat dua jenis oli yang harus digunakan: oli mesin dan oli transmisi, atau yang biasa disebut oli gardan. Oli mesin bertanggung jawab sebagai pelumas pada komponen mesin, sementara oli transmisi berperan dalam melumasi komponen gigi transmisi atau final reduction gear pada sistem transmisi otomatis.

Oli Mesin Matic

Terdapat dua jenis oli mesin yang dibedakan berdasarkan sertifikasi JASO (Japanese Automotive Standards Organization), yaitu JASO MA dan JASO MB. JASO MA digunakan pada sepeda motor kopling basah, seperti motor sport dan cub. Sedangkan jenis JASO MB didiperuntukan untuk sepeda motor dengan sistem kopling kering, seperti motor matic.

Oli mesin juga memiliki standar kekentalan yang ditunjukkan oleh kode standar SAE (Society of Automotive Engineer) dan standar API (American Petroleum Institute) untuk menjamin kualitas dan performa mesin. Sebagai contoh, oli motor matic Honda MPX 2 dan SPX 2 memiliki spesifikasi SAE:10W-30, API-SL, JASO: MB.

Penting untuk mengganti oli setiap 1.500 – 2.000 km atau setiap 2 bulan sekali. Pada setiap penggantian oli, gunakan oil system cleaner atau engine flush untuk memastikan pembuangan oli lama berlangsung sempurna.

Oli Transmisi atau Gardan

Oli transmisi khusus digunakan pada sepeda motor matik. Pada produk Pabrikan Genuine Part, terdapat dua jenis oli transmisi: base oil dan synthetic. Oli sintetik menggunakan base oil synthetic dengan tambahan aditif teknologi terbaru, memberikan stabilitas oksidasi yang baik, minim penguapan, dan mendukung performa gir pada suhu ekstrem.

Oli transmisi berfungsi sebagai pelumas komponen sistem transmisi yang bekerja meredam panas dan melindungi komponen dari aus akibat gesekan. Penting untuk memahami spesifikasi oli mesin dan transmisi sesuai dengan tipe dan tahun pembuatan sepeda motor.

Bawalah sepeda motor Honda ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan perawatan dan suku cadang terbaik. Manfaatkan layanan booking service dan kunjungi bengkel resmi untuk kenyamanan dan kebebasan waktu dalam servis sepeda motor Anda.

Dengan memahami tips perawatan sepeda motor matik, Anda dapat memastikan motor tetap dalam kondisi optimal, meningkatkan keamanan, dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan. Perawatan yang tepat akan memperpanjang umur sepeda motor Anda dan menjaga performanya selalu prima.

Leave a Comment