Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 160, Rangka eSAF Masih Menjadi Masalah Serius

Meski banyak kompetitor serupa yang menawarkan produk setara, Honda Vario 160 tetap laris manis di pasaran. Namun belakangan popularitasnya mulai terpuruk akibat permasalahan pada rangka Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang kerap berkarat dan mudah patah, bahkan pada model baru yang keluar dari pabrik. Sebelumnya motor Honda Vario 160 adalah salah satu model sepeda motor terlaris di indonesia. Salah satu alasan utamanya adalah nama besar Honda yang mempunyai nilai jual kembali yang bagus.

Kelebihan Honda Vario 160

Konsumsi bahan bakar irit
Salah satu kelebihan dari Honda Vario 160 adalah konsumsi bahan bakarnya yang sudah dikenal cukup irit. Motor ini mampu mencapai konsumsi bahan bakar sekitar 45 hingga 54 km/liter, tergantung gaya berkendara dari masing-masing orang.

Handling yang baik
Honda Vario 160 sudah dilengkapi dengan rangka jenis Enhanced Smart Architecture Framework (eSAF). Rangka jenis ini mampu membantu meningkatkan kemampuan maneuver yang lebih baik. Meski dengan ban yang lebih lebar, motor ini tetap lincah saat bermanuver.

Ringan di segmennya
Di segmennya, Honda Vario 160 memiliki bobot yang bisa dibilang sangat ringan. Varian CBS berbobot hanya 115 kg, sedangkan varian ABS berbobot sedikit lebih berat yaitu 117 kg. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan dan menjadi berita baik untuk user perempuan.

Akselerasi cepat
Mesin 160 cc dari Honda Vario 160 mampu menghasilkan akselerasi yang bertenaga, baik pada rpm rendah, menengah, maupun tinggi. Performa motor ini terbilang cukup tangguh, seperti terlihat pada data berikut:

0-60 km/jam: 5,07 detik
0-80 km/jam: 9,05 detik
0- 100 km/jam: 16,16 detik
0-200 meter: 12,06 detik
0-400 meter: 19,46 detik
Kecepatan maksimum racing box: 119, 18 km/jam
Kecepatan maksimum speedometer: 128 km/jam

Kaki-kaki kokoh
Honda Vario 160 memiliki pelek yang lebih lebar dan ban yang lebih besar sehingga memberikan tampilan lebih mencolok dan meningkatkan kestabilan kendaraan.

Kompartemen penyimpanan yang luas
Sepeda motor Honda Vario 160 ini dilengkapi dengan banyak kompartemen penyimpanan untuk mengangkut benda. Terdapat laci botol dibagian depan dan lubang charger untuk mengisi daya smartphone. Di bawah jok terdapat sebuah bagasi berkapasitas 18liter yang sangat besar sampai bisa untuk menampung helm full face. Terdapat juga lantai tengah yang datar dengan dilengkapi sebuah gantungan.

Kekurangan Rangka Honda Vario 160

Rangka eSAF
Salah satu kelemahan utama Honda Vario 160 adalah pada rangka eSAF yang rentan berkarat dan mudah patah. Ini adalah masalah serius yang banyak dilaporkan oleh pengguna, bahkan pada model yang lebih baru. Rangka eSAF juga dilaporkan sering rusak saat digunakan.

Tempat duduk keras
Kursi atau Jok Honda Vario 160 terasa keras ketika diduduki, sehingga membuat perjalanan jarak jauh menjadi kurang nyaman. Jok ini bisa menimbulkan rasa panas dan nyeri pada bokong serta rasa yang tidak nyaman pada punggung bagian bawah.

Cipratan ban
Lantai tengah dan spatbor belakang Honda Vario 160 ini masih memungkinkan cipratan dari roda depan saat melaju melewati genangan air atau hujan. Hal ini dapat menyebabkan pengendara dan barang bawaannya menjadi kotor.

Untuk menyempurnakan pengalaman berkendara Anda, alangkah bijaksana untuk pertimbangkan kembali kelebihan dan kekurangan Honda Vario 160 sebelum memutuskan untuk membeli model motor ini.

Leave a Comment